Tuesday 23 June 2015

LOMBA MENDONGENG GURU SD AL IRSYAD 01 TAHUN 2015



MENDENGARKAN dongeng tentu menyenangkan, apalagi bila 70 guru saling adu kemampuan mendongeng. Inilah lomba mendongeng yang diselenggarakan oleh SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Sabtu, 23 Mei 2015.
“Kemampuan mendongeng harus dimiliki setiap guru SD, karena anak-anak sangat senang mendengakannya. Karena itulah, sekolah mengajak setiap guru untuk menunjukkan kemampuan mendongengnya agar para guru dapat saling belajar dan meningkatkan kemampuannya” ungkap Alex Nanang Agus Sifa, S.Fil.I., Kepala Sekolah.
Suasana pun sangat meriah saat final, karena 6 peserta terbaik di setiap levelnya diminta tampil mendongeng di hadapan seluruh guru.
“Para guru dituntut untuk menyajikan kisah teladan Islami yang mampu menginspirasi para murid untuk menjadi anak yang kuat imannya, taat ibadah, dan rajin belajar. Dalam acara semacam inilah, para guru dapat belajar banyak tentang beragam gaya mendongeng” lanjut Alex.
Keterampilan mendongeng sangat tergantung pada kemampuan guru memahami dunia para murid. Sehingga mengajak guru untuk belajar mendongeng merupakan strategi sederhana untuk mengajak guru semakin menyelami dunia murid-muridnya.
Pengajaran melalui dongeng bahkan dianggap lebih efektif untuk menyentuh ranah kognitif dan afektif. Sehingga, murid tidak hanya paham akan materi, namun pesan dalam pembelajaran dapat lebih baik dalam mempengaruhi perilaku peserta didik.
Tampaknya, sekolah pun tak sekedar mengadakan lomba. Tampak beberapa dosen dan ahli seni  tata bahasa ikut diundang untuk menjadi juri dalam lomba ini.

No comments: