Monday 23 May 2011

AKU 1


By: Alex Nanang Agus Sifa 
Terkadang aku bertanya tentang diri-ku.
Siapa aku? Ternyata pertanyaan-ku harus dijawab oleh aku. Karena aku yang bisa mengerti akan diri-ku. Aku bukan orang selain aku. Aku tidaklah seperti orang selain aku. Aku jadi terpusingkan oleh diri-ku, padahal tidak ada orang yang lebih tau diri-ku kecuali aku.
Siapa aku?
Aku adalah apa yang aku lalui. Aku adalah aku yang sekarang. Adanya aku tidak bisa ditempati oleh orang selain aku. Aku yang ini bukan aku yang itu. Aku yang ini bisa mati karena aku bukan Tuhan-ku. Aku yang itu tidak ada karena aku cuma satu adanya. Jika aku mati maka aku tinggal sejarah-ku dalam hidup-ku.
Siapa aku?
Aku adalah aku. Kamu adalah kamu. Aku bukanlah kamu. Kamu bukanlah aku. Karena jika aku adalah kamu dan kamu adalah aku berarti aku dan kamu adalah kita. Dan kita bukanlah aku.
Hakikat aku (الانا) bukanlah aku (انا). Karena hakikat aku masih akan tetap hidup setelah matinya aku. Dan hakikat aku akan mem-pertanggungjawabkan perbuatan-ku selama hidup-ku di mata Tuhan-ku. Oleh karenanya aku harus mengenali diri-ku, agar aku bisa mengenal Tuhan-ku (من عرف نفسه فقد عرف ربه).
Sekarang, aku masih dan akan terus mencari siapa diri-ku. Pencarian-ku adalah untuk mencari siapa aku. Dengan mengenal aku, maka aku akan tahu siapa diri-ku. Dengan mengenal aku, maka aku akan mengenal lebih dekat siapa Tuhan-ku. Wassalam….

No comments: