Tuesday 16 July 2013

Penyambutan 178 Murid Baru
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto

“Dengan gagah sang raja memasuki kerajaan disertai kawalan dua prajurit yang berada disisi kanan dan kirinya, sambutan meriah pun terlihat dari para warganya laksana seorang penyanyi yang disambut meriah ketika muncul ke hadapan para penontonnya.” Kegiatan ini merupakan bagian dari skenario penyambutan 178 siswa baru yang berlangsung di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto.
Sejak pagi wajah-wajah baru yang nampak diliputi senyuman ceria mulai terlihat di halaman sekolah SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Mereka datang dipenuhi rasa percaya diri tinggi dan senyum penuh semangat dengan diantarkan oleh para orangtua mereka. Setibanya di sekolah, mereka langsung diarahkan menuju ruang kelasnya masing-masing. Didalam kelas, anak-anak kelas 1 baru diajak oleh wali kelas mereka untuk bernyanyi dan bertepuk. Wajah mereka pun semakin terlihat berseri menikmati keadaan dan suasana sekolah baru mereka. Sedangkan kakak-kakak kelas mereka berada di halaman bersama para ustadz dan ustadzah mempersiapkan penyambutan adik kelas yang baru.


Pagi itu sungguh terlihat menyenangkan. Hal itu nampak dari wajah cerah ceria para siswa baru. Apalagi saat acara dimulai dengan ditandai kepala sekolah memasuki tengah-tengah halaman sekolah dengan berpakaian adat jawa “Raja” sambil dikawal dua prajuritnya yang terlihat gagah berani. Seketika itu juga serentak seluruh siswa terkejut dengan penampilan kepala sekolah, begitu juga dengan para wali murid baru yang kebetulan megantarkan putra putri mereka. Setelah sampai di sebuah keraton, kepala sekolah yang berperan sebagai “raja” kemudian duduk di singgasananya. Tak lama kemudian siswa kelas 1 baru memasuki halaman sekolah dengan diiringi musik marawis. Sorak sorai lebih dari 800 siswa, wali murid baru dan para ustadz ustadzah menggema memenuhi halaman sekolah. Suasana pun terlihat begitu sangat ramai.
Sungguh luar biasa, karena hampir seluruh murid baru yang berjumlah 178 berani memasuki tengah lapangan tanpa lagi digandeng oleh orangtua mereka. Wajah ceria mereka menambahkan suasana dipagi hari itu terasa begitu beda dari biasanya.
Setibanya di tengah lapangan, para murid baru diajak bermain yel-yel bersama kepala sekolah. Pelepasan balon yang dilakukan kepala sekolah membuat anak-anak terpesona melihat terbang tingginya balon yang terus terbang tinggi ke langit luas seperti tingginya cita-cita mereka dalam belajar. Tidak hanya itu, penampilan drama musikal dari kakak kelas pun ditampilkan guna lebih memeriahkan acara.
Acara ini sengaja dikonsep sedemikian rupa, baik dari kostum yang digunakan, tata panggung dan penampilan-penampilan anak untuk menyambut kedatangan di hari pertama para siswa baru memasuki sekolah. Dengan tujuan, mereka nantinya akan mempunyai semangat belajar tinggi serta keberanian dalam mengawali pembelajaran di tahun pertama mereka belajar, ungkap Totok Yulianto, S.Pd, selaku kepala sekolah SD AL Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto.
Selain itu, sekolah kami juga siap menjalankan implementasi kurikulum 2013 bagi anak-anak kelas 1 dan 4, karena selama seminggu kemarin seluruh guru kelas 1 dan 4 telah dilatih oleh dinas pendidikan di Solo, tambah kepala sekolah.




No comments: