Saturday 3 August 2013

SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 02 PURWOKERTO PEDULI UMAT




Dalam rangka menyemarakkan bulan suci ramadhan tahun ini, SD Al Irsyad 02 Purwokerto kembali mengadakan berbagai macam kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan. Kegiatan ramadhan kali ini mengambil tema “ramadhan bermutu dengan ilmu, indah dengan ibadah, berkah dengan sedekah.”
Kegiatan ini dimulai dengan pengumpulan infak harian anak yang berlangsung dari tanggal 15-27 Juli 2013 M bertepatan dengan 6-18 Ramadhan 1434 H. Selama kurang lebih dua minggu, anak belajar berinfak dan alhamdulillah pada tahun ini keseluruhan total infak anak berjumlah lebih dari 29 juta. Di samping berlatih berinfak, anak juga berlatih bersodaqoh dengan mengumpulkan satu paket sembako dan tidak ketinggalan juga satu paket zakat fitrah. Adapun jumlah paket sembako tahun ini berjumlah 800 paket dan zakat fitrah 510 paket. Tujuan utama infak dan sodaqoh anak tidak lain adalah untuk mengasah kepedulian sosial murid SD Al Irsyad 02 Purwokerto. Bukan hanya itu, para murid juga dididik untuk belajar peduli terhadap umat dengan cara mengumpulkan baju bagus pakai dan jumlah baju bagus pakai yang terkumpul pada tahun ini sebanyak 17 karung.


Disamping mengadakan buka bersama dengan para guru-guru senior yang sudah pensiun, perwakilan komite sekolah dan juga warga masyarakat sekitar lingkungan sekolah dengan mengundang Ustadz Arif Rahman, Lc, MA sebagai pengisi kajian, SD Al Irsyad 02 bersama perwakilan komite sekolah juga membagikan hasil sembako dan zakat fitrah secara menyeluruh ke lingkungan sekolah, tukang becak, fakir miskin dan anak yatim piatu serta tempat bakti sosial. Adapun tempat bakti sosial di tahun ini berlokasi di grumbul Lampegan RT 03 RW 13 desa Kalisalak Kebasen Banyumas.
Acara bakti sosial ini berlangsung pada hari Sabtu, 27 Juli 2013 atau 18 Ramadhan 1434 H. Sambutan warga grumbul Lampegan sangat terlihat antusias dengan kegiatan bakti sosial ini. Bahkan kepala desa dalam sambutannya menyatakan sangat berterima kasih kepada SD Al Irsyad 02 dan berharap tahun-tahun mendatang bisa diadakan di desa Kalisalak lagi. Acara bakti sosial ini diikuti oleh pengurus komite sekolah, beberapa perwakilan murid dan para ustadz-ustadzah yang menjadi panitia amaliah Ramadhan. Acara baksos ini juga tidak lupa diawali dengan pengajian dan juga ceramah oleh KH. Ki Sunan Sunhaji, S.Ag yang merupakan salah satu ustadz di SD Al Irsyad 02 Purwokerto.
Di samping bakti sosial, SD Al Irsyad 02 juga melaksanakan kegiatan peduli masjid dan mushola. Kurang lebih ada 10 masjid dan mushala di daerah Purwokerto dan sekitarnya yang mendapatkan bantuan, diantaranya daerah Arcawinangun, Jatiwinangun, Kranji, Bancarkembar, Datar Sumbang, Baseh Kedungbanteng, Kanding Patikraja dan Rempoah Baturraden.   

Semarak Ramadhan di SD 02 Al Irsyad ditutup dengan kegiatan pembagian zakat fitrah yang berjumlah kurang lebih 510 paket pada hari Selasa besok di halaman sekolah. Para penerima zakat fitrah dapat mengambil langsung ke sekolah sesuai dengan kupon yang telah dibagikan satu minggu sebelumnya. Selain masyarakat sekitar sekolah, tukang becak, anak yatim piatu, zakat fitrah juga dibagikan ke yayasan, masjid dan mushola yang mengajukan surat permohonan ke panitia sekolah. “Harapan kami adalah dengan melalui kegiatan baksos ini akan semakin memperat hubungan ukhuwwah serta silaturrahim antar pihak SD Al Irsyad 02 dengan masyarakat dan umat dan kegiatan semacam ini merupakan agenda rutin tahunan di SD Al Irsyad 02 Purwokerto, kata Ustadz Totok Yulianto, S.Pd selaku kepala sekolah.







No comments: