Friday 24 January 2014

PROPOSAL BEDAH BUKU MOTIVASI HIDUP Karya Alex Nanang Agus Sifa


Purwokerto, 5 Desember 2013
Kepada : Yth. _______________________________
   Di Purwokerto
Perihal : Proposal Bedah Buku “Motivasi Hidup”

Assalamu’alaikum Wr.Wb
I.            Latar Belakang
Motivasi adalah daya pendorong dari keinginan kita agar terwujud menjadi sebuah kenyataan. Energi pendorong dari dalam agar apa yang kita inginkan dapat tercapai. Motivasi erat sekali hubungannya dengan keinginan dan ambisi, bila salah satunya tidak ada, motivasi pun tidak akan muncul.
Motivasi akan menguatkan ambisi, meningkatkan inisiatif dan akan membantu dalam mengarahkan energi kita untuk mencapai apa yang kita harapkan. Dengan motivasi yang benar kita akan semakin mendekati cita-cita serta tujuan kita.
Sebagai contoh; seorang pelajar merasa lelah ketika harus belajar semalam suntuk, tapi kelelahannya tersebut akan hilang ketika ia akan menghadapi ujian. Inilah kekuatan motivasi. Seorang pemuda merasa takut ketika melewati kuburan, tapi ketakutannya itu akan hilang ketika ia harus menemui calon pendamping hidupnya. Inilah kekuatan motivasi. Seorang ibu merasa berat ketika harus mendorong gerobak berisi muatan 50 kg, tapi ia akan merasa ringan ketika salah satu kaki putri kesayangannya terlindas roda gerobak. Itulah kekuatan motivasi. Dan masih banyak contoh lain yang membuktikan akan kekuatan motivasi, baik dalam hal positif maupun negatif. Namun dalam buku ini, penulis hanya mengajak para pembaca membangkitkan motivasi positif melalui kalimat-kalimat inspiratif.
Banyak dari kita yang mempunyai keinginan dan ambisi besar, tapi kurang mempunyai inisiatif dan kemauan untuk mengambil langkah untuk mencapainya. Ini menunjukkan kurangnya energi pendorong dari dalam diri kita sendiri atau kurang adanya motivasi. Diantara cara atau langkah dalam rangka membangkitkan motivasi adalah dengan mengetahui kisah ataupun pengalaman orang-orang yang telah berhasil dalam menggapai impiannya, melalui kalimat-kalimat hikmah yang pernah mereka tuliskan ataupun yang pernah keluar dari lisan mereka.
Buku ini adalah salah satu solusi sebagai pembangkit semangat yang akan memotivasi kita dalam bertindak dan berbuat. Semangat yang disampaikan dalam buku ini didasari dengan semangat motivasi positif dengan muatan nilai-nilai keislaman.

II.          Tujuan
1.       Membangkitkan semangat peserta dalam menggapai cita-cita dan impiannya
2.       Menginspirasi peserta untuk memiliki visi dan misi dalam hidup
3.       Mendorong peserta akan pentingnya kebiasaan menulis dan penguasaan dua bahasa dunia (Arabic & English)
4.      Mendobrak kemampuan peserta dalam rangka meningkatkan prestasi
5.       Mengajak peserta untuk bangkit dan maju menatap masa depan dengan penuh kobaran semangat.
III.        Nama dan Tema Kegiatan
A.  Nama Kegiatan
Kegiatan ini diberi nama: Bedah Buku Motivasi Hidup.”

B.   Tema Kegiatan
Kegiatan ini mengambil tema: Maksimalkan usaha, Panjatkan doa, Raih cita-cita, Gapai ridha Allah Ta’ala.”

IV.         Bentuk Kegiatan
Kegiatan ini berbentuk penyampaian materi kepada peserta secara langsung.

V.          Waktu dan Tempat
Adapun waktu dan tempat ditentukan berdasarkan kesepatakan antara pihak institusi/lembaga/organisasi/sekolah dengan penulis/speaker.

VI.        Peserta
Kegiatan ini dapat diikuti oleh siapa saja (lintas usia) baik pelajar, mahasiswa, guru, karyawan dan lain sebagainya.

VII.     Biaya
Bedah buku Motivasi hidup ini tanpa dipungut biaya (GRATIS). Pihak penyelenggara (sekolah/instansi/lembaga) akan mendapatkan satu eksemplar buku Motivasi Hidup gratis.

VIII.   Contact Person
Untuk konfirmasi kegiatan bedah buku: Penulis (081234255180 / 32896EF8).

IX.        Penutup
Demikianlah proposal penawaran bedah buku Motivasi Hidup ini kami ajukan. Semoga bisa dijadikan sebagai wasilah penyambung ukhuwwah untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah dan barakah. Amiin.
Wssalamu’alaikum Wr.Wb

Hormat Saya,


                                                                                      Alex Nanang Agus Sifa, S.Fil.I



SEKILAS TENTANG BUKU
Diantara kelebihan buku yang berjudul motivasi hidup ini adalah:
Pertama, buku ini lintas usia, dalam artian tua ataupun muda asalkan sudah bisa membaca;
Kedua, buku ini terdiri dari 10 tema yang tersusun secara sistematis;
Ketiga, di setiap temanya dilengkapi dengan kata-kata mutiara, kisah hikmah yang menggugah dan doa penyemangat jiwa;
Keempat, di akhir tema terdapat muhasabah (sebuah tekad setelah membaca buku ini);
Kelima, dilengkapi dengan 212 mahfudzat (kata bijak Arab-Indonesia) tentang kehidupan, persahabatan, cinta, cita-cita, impian dan harapan); 
Keenam, buku ini berpondasi islami (diawali dengan niat diakhiri dengan doa munajat),
Dan ketujuh; disertai referensi baik dari buku, ceramah maupun alamat website.
Buku dengan jumlah halaman sekitar 260 ini ditujukan kepada siapa saja yang sedang dirundung kesedihan dalam mengejar impian; kepada siapa saja yang hidupnya diliputi kesulitan dan berbagai macam rintangan serta tantangan; kepada siapa saja yang hatinya merasakan kegundahan, kekecewaan dan keputusasaan; kepada siapa saja yang ingin menggapai cita-cita dan harapan; kepada siapa saja yang selalu mendambakan keberhasilan; kepada siapa saja yang ingin mewujudkan impian dan cita-citanya menjadi kenyataan dan kepada siapa saja yang ingin bangkit dan melakukan perubahan.

Daftar Isi Buku:
Kekuatan Niat
Berpikir Positif
Cita-cita, Impian dan Harapan
Berharganya Waktu
Bergerak, Berbuat dan Bertindak
Kesungguhan dalam Bergerak
Mulai dari Diri Sendiri
Kenikmatan itu Setelah Kesulitan
Kesuksesan itu Setelah Kegagalan
Tawakal dan Doa
Muhasabah Diri
Mahfudzat
Daftar Pustaka
Setelah membaca buku ini, insya Allah, semangat hidup anda akan semakin membara serta menggelora, memenuhi relung jiwa, membakar asa yang masih tersisa, menatap masa depan yang lebih nyata dan tertata.
TESTIMONI BUKU
“Dengan penjelasan gamblang buku ini mencoba mendobrak kekuatan yang tersembunyi dalam diri kita...”
(Ma’mun Affany, Penulis “Kehormatan di Balik Kerudung”- Sebuah Novel yang pernah diangkat ke Layar Lebar)

Membaca buku ini saya menemukan berbagai macam dorongan, alasan, kehendak atau kemauan untuk terus menjadi lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Buku ini memberi daya penggerak kekuatan dalam diri untuk melakukan suatu aktifitas atau kegiatan tertentu dengan sebaik mungkin dalam rangka mencapai keridhaan Allah SWT. Selamat membaca dan rasakan bagaimana penulis mengajak pembaca untuk terus bergerak dan berbuat dalam kebaikan.
(Arian Sahidi, Pengajar dan Penulis Buku "Catatan Hati Sang Guru”)

Membaca untaian hikmah dalam buku ini, kita seperti diajak terbang melayap ke wilayah-wilayah yang kadang sulit dimengerti. Diksinya kuat menandakan kecerdasan. Tematiknya luas menandakan kepeduliannya yang luas. Di sanalah, diam-diam saya menemukan keindahannya, sekaligus menangkap kesadaran-kesadaran baru dari hikmah yang tampak bersahaja itu. Membaca buku ini akan menolong setiap pribadi dan insan untuk berpikir kritis lagi bijak serta membuka wawasan dan ilmu pengetahuan guna menjalani kehidupan.
(Elvan Syaputra, Peneliti Mizan Institute & CEO, Editor GoPesantren Jurnalis Media)

Meski belum terlalu lama mengenal penulis, namun kesan saya ketika pertama kali bertemu, dia punya bakat untuk “menjadi orang” (dadi wong) bukan sekedar manusia, karena untuk menjadi manusia anda cukup dilahirkan, tapi menjadi orang itu hal yang berbeda, harus ada nilai, semangat gerak dan menggerakkan, hidup menghidupi, dan itu ada dalam diri penulis insya Allah. Hal itupun semakin nyata ketika kami bekerja sama dalam lingkup keorganisasian, kami sering bersama dalam beberapa kegiatan; kajian, study tour, sampai main bola bersama. Keberadaannya sering menginspirasi sekelilingnya. Selepas berpisah pun, penulis semakin menampakkan diri bukan orang biasa. Tak pelak bukunya pun demikian adanya, kata-kata yang renyah dan sekiranya mampu dicerna semua kalangan karena disertai pula dengan penjelasan. Setelah membaca buku ini semoga para pembaca mampu juga menularkan energi positif yang ditimbulkan kepada orang-orang sekitar, karena itulah inti manfaat buku ini, Selamat membaca.
 (Arif Maulana, Kandidat Master of Islamic Revealed Knowledge and Heritage di International Islamic University Malaysia)

Ada satu kalimat bijak (bukan hadits) mengatakan bahwa hikmah itu adalah barang hilang milik orang beriman, di mana saja ia mendapatkannya, maka ia yang paling berhak untuk memilikinya. Dan penulis buku ini tampak sangat meresapi hikmah tersebut, terbukti dengan kemampuannya menyatukan hikmah-hikmah dari Al-Qur`an dan Al-Hadits, juga pemikiran-pemikiran hikmah dari dua peradaban dan budaya yang berbeda, Timur (Arab-Islam) dan Barat, lalu kemudian meramunya, sehingga menjadi tulisan baru yang renyah dan kaya dengan motivasi.
(Arif Rahman, Lc., MA., Alumni Al-Azhar Kairo Mesir & Pengajar di Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto)

Buku ini merupakan kumpulan penggalan kata-kata motivasi yang penerapannya sebagian pernah ditunjukkan penulis saat melakukan berbagai macam aktifitas di bangku kuliah dulu. Tak heran, jika dulu penulis menjadi mahasiswa tercepat dalam penulisan skripsi di fakultasnya. Kata-kata yang terdapat dalam buku ini memperlihatkan jika mas Alex Nanang ini mampu untuk motivating his self. Semoga buku ini juga bisa motivating others dan bisa bermanfaat serta menjadi jalan kebaikan, “man dalla ‘ala khairin falahu ajrun mitslu ajri fa’ilihi.”
(M. Deny Irawan, Mahasiswa Pasca Sarjana UIN Jakarta)

Hidup untuk dijalani, bukan untuk diratapi. Buku dengan segudang motivasi yang mampu menghidupkan hidup.
(Hamdani Faqih, Presiden BEM STAIN Purwokerto 2010-2011)

Hidup harus terus berjalan, kita tidak perlu takut menjalaninya dan tidak pula perlu merisaukan hari kemarin. Yang kita punya adalah hari ini dan hari esok entah kapan kita tidak tau apa yang bakal terjadi. Buku ini memuat inspirasi agar dapat memacu semangat hidup kita dalama melewati segala problematika kehidupan.
(Kurniyati Dwi Meini, Guru MAN 1 Purwokerto dan Mahasiswi Program Magister Pendidikan Islam UNSIQ Wonosobo)

Nilai spiritual oriental milik Timur dan nilai kearifan ala Barat terpadu dan disajikan dalam sebuah buku motivasi hidup sebagai bahan perbandingan dan referensi yang akan menuntun kepada kearifan holistik Timur dan Barat, wa lillahi al-masriq wal maqhrib.
(Muslihudin, Mahasiswa program pascarjana UIN Malang)

Tulisan cerdas yang cocok untuk memotivasi generasi muda muslim masa kini, top markotoplah bukunya.
(H. Rifqi Syuja’ Hilman, S.H.I, Kepala Sekolah MA Bismillah Banten)

Buku ini menyuguhkan motivasi yang luar biasa jika dipahami dengan seksama, dan layak dimilliki oleh generasi qur'ani menuju masa depan gemilang. Semoga dengan untaian hikmah ini, menjadikan kekuatan agar kita semakin yakin dan tidak akan pernah meragukan kebenaran Islam. 
(Lubab Habiburrohman, SH - Sekretaris Badko TPQ Kabupaten Banyumas, Penyuluh Agama Islam Kankemenag Kab. Banyumas)
Buku yang menyehatkan. Cocok bagi siapa yang sedang mengidap penyakit kepututusasaan.
(Dwi Setiaji, S.Farm, Apt - Apoteker)

Bukunya “top begete” bisa menyulap pembaca yang awalnya tak bersemangat menjadi semangat menggebu-gebu laksana pejuang 45 tempo dulu.
(Tetty Nur Afriani Hardianti, Mahasiswi PBA STAIN Purwokerto)

Dengan bahasa yang ringan, penulis menegaskan bahwa hidup itu bukan untuk  diam dan menikmati kegagalan. Tetapi hidup adalah sebuah pilihan tentang jalan yang kita pilih dalam menjalani hidup. Baca dan pahami buku ini, lalu dapatkan motivasi hidupmu.
(Triwibowo, Kabid. Dakwah IMM Banyumas 2012-2013)

The Book is very amazing, inspiring the youth generation to do the best.
(M.H. Nurtsani, S.PdEnglish Teacher)


Sekilas Biografi Penulis
Alex Nanang Agus Sifa lahir di Banyumas 9 Mei 1987. Menempuh pendidikan non formal di Madrasah Diniyah Al-Muntaha Baseh (1994-2004), Ponpes Al-Jamil Purwokerto (2005) dan Pesantren Mahasiswa (Pesma) Mafaza Purwokerto (2006-2007). Sedangkan pengalaman belajar formalnya di SDN 1 Baseh (2000), SLTPN 1 Kedungbanteng (2003), MAN 1 Purwokerto Japanese Program (2006), D1 Manajemen Informatika di BSI Purwokerto (2007) dan S1 fakultas Ushuluddin program studi Aqidah Filsafat di ISID Gontor Ponorogo dengan skripsi berjudul Al-Kindi wa Islamiyyatu nadzriyyati uluhiyyati Aristu (Al-Kindi’s Islamization Upon Aristotle Theory Of God) yang dibimbing langsung oleh Dr.H. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.Ed, M.Phil (2011).

Sekarang penulis dipercaya sebagai Wakil Kepala Sekolah di salah satu sekolah Swasta di Purwokerto.




No comments: