Friday 24 January 2014

WISUDA TARTILI SD AL IRSYAD O2: Mengantarkan anak mengenal Al Qur’an


Sabtu sore, 11 Januari 2014 gedung Roediro Universitas Jendral Sudirman terlihat berbeda dari biasanya. Ruangan lantai 3 gedung tersebut ramai bukan dipenuhi oleh para mahasiswa, namun oleh para siswa sekolah dasar. Mereka adalah peserta wisuda Tartili angkatan VI SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto. Acara Wisuda Tartili ini ditujukan bagi siswa-siswi dari kelas I sampai kelas III yang telah berhasil menyelesaikan Tartili dari jilid 1 sampai jilid 6. Tartili merupakan salah satu metode membaca Al-Qur’an yang dimiliki oleh yayasan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Adapun jumlah peserta wisuda Tartili anagkatan VI ini 165 peserta dan tahun ini adalah jumlah peserta terbanyak sepanjang sejarah wisuda Tartili.
Acara wisuda Tartili dimulai pada pukul 13.00 diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran QS. Al Mu’minun ayat 1 – 11 oleh dua perwakilan peserta wisuda. Kemudian dilanjutkan ustadzah Farida Afriani, S.Pd.SD, sebagai ketua panitia, menyampaikan sambutan sekaligus laporan wisuda Tartili angkatan VI. Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan tahfizh siswa kelas satu. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Sekolah SD 02, ustadz Totok Yulianto, S.Pd.
Setelah itu penampilan dari siswa kelas II dan sambutan dari Lajnah Pendidikan dan Pengajaran (LPP) yang dibawakan oleh ketua harian, Ustadz Sodikun, S.Pd. Kemudian penampilan berikutnya tahfidz dan dilanjutkan dengan sambutan oleh perwakilan wali murid, yaitu bapak Nur Hidayat, MSI. Kemudian setelah itu, peserta wisuda naik ke panggung untuk murojaah bersama surat Asy Syams sampai surat Al Qori’ah, dilanjutkan dengan senandung Al Quran.
Sebanyak 18 peserta wisuda Tartili terbaik mendapatkan penghargaan dari sekolah. Peserta terbaik di ambil berdasarkan kriteria baik bacaan Al-Qur’annya atau banyak hafalan suratnya. Acara dilanjutkan dengan prosesi wisuda dan penyematan samir. Peserta wisuda dipanggil dan maju satu per satu untuk diwisuda dan disematkan samir oleh Kepala Sekolah, Ustadz Totok Yuliato, S.Pd serta pemberian syahadah oleh Wakil Kepala Sekolah level III, Ustadz Alex Nanang Agus Sifa, S.Fil.I. Setelah itu seluruh peserta wisuda menuju ke panggung untuk mendengarkan Ustadz Arif Rahman Hakim, Lc, MA memberikan tausiyah dan doa. Di akhir acara, seluruh peserta menyanyikan lagu wisuda bersama-sama.
Wali murid dan siswa terlihat begitu antusias mengikuti acara wisuda. Diharapkan acara wisuda ini menjadi titik tolak siswa siswi SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 dalam mempelajari Al Qur’an, tegas ustadz Totok Yulianto, S.Pd selaku kepala sekolah. Karena pembelajaran Al Qur’an di sekolah kami merupakan program unggulan yang mendapat perhatian lebih, lanjutnya. (alex)




No comments: